6 Obyek Wisata Dengan Pemandangan Alam Bawah Laut Terbaik



Keindahan alam Indonesia memang luar biasa. Itulah sebabnya mengapa Indonesia selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan mancanegara. Bahkan, sebagian wilayah di Indonesia seakan-akan tidak pernah sepi dari para wisatawan yang datang silih berganti, dikarenakan destinasi wisatanya yang begitu indah dan memesona.

Berbicara tentang destinasi wisata di Indonesia tidak melulu soal Pulau Bali. Kenyataannya, masih sangat banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang memiliki panorama alam yang tidak kalah indah dari Bali.

Sebagai negara yang lautan adalah wilayah terbesar dan terluasnya, Indonesia memiliki banyak tempat-tempat wisata laut dengan pemandangan alam bawah lautnya yang sangat indah memesona. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Simak penjelasannya tentang 6 Obyek Wisata Dengan Pemandangan Alam Bawah Laut Terbaik di bawah ini.

1.Raja Ampat Papua
Raja Ampat adalah nama kabupaten di Privinsi Papua. Nama tersebut merupakan simbol dari empat gugusan pulau yang berada di sana, yaitu Pulau Batanta , Pulau Salawati, Pulau Misool, dan Pulau Waigeo.

Keindahan alam bawah laut Raja Ampat menjadi incaran para wisatawan domestik dan mancanegara yang senang dengan aktifitas diving/menyelam. Kondisi lautnya yang cukup tenang sangat mendukung aktifitas tersebut. Ketika Anda menyelam, pandangan mata Anda akan disuguhi dengan beragam biota laut yang demikian indah, mulai dari terumbu karang berwarna-warni sampai beragam jenis ikan yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Memang, hampir setengah spesies ikan di dunia ini terdapat di bawah laut Raja Ampat. Tidak salah jika dikatakan bahwa Raja Ampat adalah salah satu obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik.

Perjalanan menuju Raja Ampat dari Jakarta melalui jalur udara dengan tujuan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal dari  pelabuhan Kota Sorong menuju ke Ibu Kota Raja Ampat.  Untuk mengunjungi pulau-pulau wisata di Raja Ampat, pengunjung bisa menggunakan speedboat atau menyewa dari penduduk lokal.

2.Pantai Senggigi Lombok
Pulau Lombok sering disebut dengan Bali kedua di Indonesia. Disebut demikian karena panorama alamnya tidak kalah indah dari Bali, salah satunya adalah Pantai Senggigi. Pantai yang berlokasi di barat pesisir Pulau Lombok ini tidak saja terkenal karena keindahan alamnya, tetapi juga kebersihan dan kejernihan air lautnya. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat langsung kawanan ikan berenang bebas di dalamnya.

Melakukan aktifitas diving/menyelam di Pantai Senggigi cukup aman dikarenakan ombaknya yang tidak terlalu besar. Ketika Anda menyelam, pandangan mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam bawah laut yang begitu indah dan memesona, mulai dari jejeran terumbu karang beraneka warna sampai beragam spesies ikan yang mungkin belum pernah Anda lihat sebeumnya. Tidak salah jika Pantai Senggigi Lombok juga dimasukkan sebagai salah satu obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik selain dari Raja Ampat.

Perjalan menuju Pantai Senggigi dari luar Lombok bisa melalui jalur udara dengan tujuan Pulau Lombok. Dari situ Anda tinggal memilih salah satu dari 2 alternatif menuju Pantai Senggigi, yaitu melalui Kota Mataram atau langsung dari Bandara Internasional Lombok.  Jika Anda memilih jalur dari Kota Mataram, Anda bisa menyewa taksi dengan biaya sewa sekitar Rp.50.000-100.000 atau ojek dengan biaya Rp.25.000-50.000. Jika Anda langsung berangkat dari Bandara Internasional Lombok, Anda tinggal men-charter mobil seharga Rp 300.000 langsung menuju Pantai Senggigi.

3.Taman Laut Bunaken
Di wilayah utara Indonesia, tepatnya di Teluk Manado, Sulawesi Utara, terdapat sebuah pulau wisata yang terkenal dengan keindahan taman lautnya. Pulau wisata tersebut bernama Pulau Bunaken.  Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berdatangan ke Kota Manado hanya untuk menikmati keindahan Taman Laut Bunaken dengan melakukan aktifitas diving/menyelam.

Di kawasan Taman Laut Bunaken terdapat sekitar 20 spot penyelaman. Ketika Anda, pandangan mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam bawah laut yang demikian indah dan memesona, mulai dari jejeran terumbu karang warna-warni hingga berbagai spesies ikan menarik yang jumlahnya mencapai sekitar 150 spesies. Taman laut Bunaken juga termasuk salah satu obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik.

Perjalanan menuju Taman Laut Bunaken dari luar Manado dilakukan menggunakan transportasi udara dan laut dengan tujuan Kota Manado. Selanjutnya dari sana tinggal menyewa kapal atau speed boat menuju kawasan Taman Laut Bunaken dengan estimasi waktu perjalanan berkisar 30 menit.

4.Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi berlokasi di Kabupaten Wakatobi,  Sulawesi Tenggara, Indonesia. Nama Wakatobi sendiri adalah singkatan dari 4 nama pulau yang ada di sana, yaitu pulau Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko.

Taman Nasional Wakatobi diresmikan pada tahun 1996, dikarenakan keanekaragaman hayati laut serta skala dan kondisi karangnya berada pada urutan tertinggi di Indonesia.

Ketika Anda menyelam, pandangan mata Anda akan disuguhi pemandangan alam bawah laut yang sangat indah berupa beragam biota laut, mulai dari jejeran terumbu karang berwarna-warni  yang sangat indah dan sekumpulan ikan yang berenang kesana-kemari. Taman Laut Bunaken juga tergolong salah satu obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik.

Taman Nasional Wakatobi diperkirakan memiliki sekitar 750 koral dan 900 spesies biota laut., hal ini membuat Wakatobi menjadi destinasi bagi para penyelam menikmati keindahan surge dunia bawah laut. Kini taman nasional ini selalu diramaikan dengan kunjungan para wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya bagi mereka yang hobi menyelam.

Perjalanan menuju Taman Nasional Wakatobi menggunakan transportasi pesawat terbang dan kapal laut ke Kota Kendari terlebih dahulu. Dari sana perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal laut menuju pulau Wangi-Wangi. Jadwal keberangkatan kapal setiap pukul 10.00 dan biasanya tiba ditempat tujuan sekitar pukul 12.00. Selanjutnya dari Wangi-Wangi perjalanan tinggal dilanjutkan menuju Kaledupa (Hoga), Tomia (onemobaa), dan Binongko, dengan menggunakan kapal motor reguler yang berangkat setiap hari dengan estimasi waktu perjalanan berkisar 2-4 jam.

5.Tulamben
Para penggemar Pulau Bali pasti sudah sering mendengarkan nama Tulamben. Ya benar, Tulamben adalah nama sebuah di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Jaraknya berkisar 82 KM dari  Kota Denpasar. Lokasi penyelamannya yang sangat indah menjadikan desa ini begitu terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketika Anda menyelam, pandangan mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah dengan beragam biota lautnya, mulai dari terumbu karang berwarna-warni, siput laut, kepiting, udang, pygmy seahorse, serta aneka jenis ikan seperti ghost pipefish, ikan mola mola, ikan hiu, dan yang lainnya. Dari sekian banyak spot penyelaman di desa ini, yang paling terkenal adalah Wreck Point (lokasi bangkai kapal) dan Tulamben Wall.

Wreck Point adalah nama lokasi bangkai kapal angkatan darat US yang bernama USAT Liberty. Ukuran panjang kapal ini berkisar 125 meter dan lebar 17 meter. Penyebab tenggelamnya kapal ini akibat terjangan torpedo yang diluncurkan oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942.

Apa yang menarik dari lokasi bangkai kapal USAT Liberty yang berjarak sekitar 30 meter dari Pantai Tulamben ini? Jawabannya adalah karena bangkai kapal tersebut telah menjadi rumah berbagai jenis ikan, seperti Jack fish, Napoleon Wrasse dan Bumhead Parrot fish.

Adapun Tulamben Wall alias Drop Off merupakan spot penyelaman yang juga tidak begitu jauh dari Wreck Point dengan kedalaman 60-70 meter. Lokasi ini hanya diperuntukkan bagi penyelam ahli. Ditempat ini anda juga dapat melihat langsung aneka jenis ikan besar seperti hiu martil, hiu karang, dan ikan besar lainnya. Tulamben memang tergolong salah satu dari obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik.

Perjalanan menuju Desa Tulamben dari luar Bali bisa dilakukan dengan menggunakan sarana transportasi darat dan udara ke Kota Denpasar terlebih dahulu. Dari sana perjalanan dilanjutkan menggunakan mini bus dan angkutan lainnya menuju Desa Tulamben dengan estimasi waktu perjalanan berkisar 2-3 jam.

6.Taman Laut Selat Pantar
Taman Laut Selat Pantar merupakan salah satu obyek wisata laut dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Bahkan spot penyelaman taman laut terletak di antara Pulau Alor dan Pantar di kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini disebut-sebut sebagai spot penyelaman terbaik di Indonesia dan sebanding dengan Laut Karibia di Amerika Selatan.

Ketika Anda menyelam, pandangan mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah berupa terumbu karang serta tumbuh-tumbuhan laut berwarna merah, ungu, kuning, hijau, coklat, abu-abu, jingga, dan putih juga menghiasi dasar laut, serta ikan-ikan cantik, antara lain jenis alien, flasher, dan invanders. Ikan-ikan itu mempunyai warna tubuh yang bervariasi, bahkan seekor ikan dapat memiliki 3-4 warna. Belum lagi rombongan rombongan ikan karang dan ikan pelagis yang menghiasi panorama bawah laut. Tidak salah jika dikatakan kalau Taman Laut Selat Pantar adalah sebuah obyek wisata laut dengan pemandangan alam bawah laut terbaik.

Di kawasan Taman Laut Selat Pantar terdapat sejumlah pulau-pulau kecil dan indah seperti Pulau Kepa, Pura, Ternate, Buaya dan Tereweng. Terdapat sekitar 26 spot penyelaman di sekitar pulau-pulau Kepa, Pura, Ternate, dan Tanjung Matap, dan pantai Papa Jahe (Alor). Di spot-spot ini penyelam bahkan bisa bermain dengan kelompok hiu yang ramah.

Perjalanan menuju Taman Laut Selat Pantar bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi udara ke Kupang terlebih dahulu. Selanjutnya penerbangan dilanjutkan dari Kupang ke Alor dengan TransNusa. Jadwal penerbangan resmi di pagi hari dari 06.00-07.00. Ketika cuaca buruk, terkadang penerbangan harus ditunda sampai sore hari atau bahkan bisa saja dibatalkan.

Demikianlah tadi rekomendasi 6 Obyek Wisata Dengan Pemandangan Alam Bawah Laut Terbaik. Semoga ulasan diatas bisa menambahkan informasi bermanfaat, khususnya bagi Anda yang memiliki rencana untuk melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat tersebut. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Obyek Wisata Dengan Pemandangan Alam Bawah Laut Terbaik"

Posting Komentar