Pariwisata Borneo Taman Nasional Danau Sentarum di Kalimantan Barat


Pulau Kalimantantan, dalam bahasa Inggris disebut sebagai Borneo Island, adalah salah satu pulau yang menjadi paru-paru dunia karena memiliki wilayah hutan hujan tropis yang luas. Pulau Borneo berperan penting sebagai penyuplai kebutuhan oksigen bagi pernafasan makhluk hidup di planet bumi yang saat ini bersuhu makin panas. Pulau Kalimantan juga memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan berfungsi sebagai tempat pelestarian tumbuhan dan binatang langka.


Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan yang memiliki kekayaan flora dan fauna terbanyak di dunia. Danau Sentarum terletak di provinsi Kalimantan Barat. Kota terdekat menuju Danau Sentarum adalah Putussibau. Danau Sentarum merupakan satu diantara empat danau alam di sekitar Kabupaten Putussibau selain Danau Seriang, Danau Luar, dan Danau Bekuan.
Danau Sentarum mendapat status sebagai taman nasional sejak tahun 1999. Sebelum tahun 1999, tempat wisata di Borneo ini berstatus sebagai cagar alam dan suaka margasatwa seperti halnya Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Area Taman Nasional Danau Sentarum mencakup setengah dari luas wilayah Danau Sentarum. Wilayah lainnya meliputi kawasan hutan lindung di wilayah Selimbau, Nangahsai, dan Jongkong seluas 1.320 km persegi.

Keindahan Wisata Alam Borneo yang Menakjubkan


Saat ini Danau Sentarum dikenal sebagai salah satu pariwisata Borneo yang indah. Danau Sentarum memiliki permukaan air yang jernih dan mampu memantulkan panorama awan putih yang memukau. Keindahan Danau Sentarum layak disejajarkan dengan Danau Panjalu di Jawa Barat, Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Tondano di Sulawesi Utara, dan Danau Singkarak di Sumatera Barat.

Jika kita membicarakan Taman Nasional Danau Sentarum maka kita tidak bisa melupakan keberadaan Sungai Kapuas. Sungai Kapuas masuk dalam daftar 10 sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia. Aliran Sungai Kapuas mempengaruhi debit air Danau Sentarum. Pemandangan terbaik wisata alam Danau Sentarum diperoleh ketika permukaan Sungai Kapuas naik akibat hujan maupun sebab lain.

Perjalanan berlibur mencapai Taman Nasional Danau Sentarum sungguh tidak mudah dilakukan oleh setiap wisatawan. Walaupun saat ini telah tersedia akses jalan raya dari Nangahsuruk – Putussibau – Bika – Jongkong – Selimbau – Semintau – Sintang, namun transportasi yang paling umum digunakan oleh warga adalah menggunakan perahu motor. Mengendarai perahu motor di kegelapan hutan tropis Kalimantan akan menantang keberanian Anda dalam berwisata petualang alam.

Daya Tarik Kebudayaan Suku Dayak Iban


Apakah daya tarik wisata yang bisa turis dan backpacker temui di Taman Nasional Danau Sentarum? Sebagaimana kebanyakan jenis pariwisata Borneo lain, Taman Nasional Danau Sentarum mengandalkan tempat wisata alam habitat asli ikan arwana. Keragaman hayati daerah aliran Sungai Kapuas menyajikan gambar tempat wisata yang menakjubkan sekaligus menantang. Inilah salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Berkat promosi ekowisata, Taman Nasional Danau Sentarum mulai dikenal oleh kelompok backpacker.

Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Danau Sentarum dapat mempelajari kehidupan masyarakat Dayak Iban. Hal ini menjadikan Danau Sentarum berfungsi sebagai tempat wisata pendidikan bagi anak-anak. Memang tidak mudah mengajak anak-anak berlibur ke Pulau Borneo mengingat medan yang dilalui sangat menantang. Akan tetapi mereka dapat mendapatkan banyak manfaat dari berlibur ke tempat wisata favorit para pecinta alam ini.

Masyarakat suku Dayak Iban memiliki beberapa kebiasaan hidup yang unik, salah satunya adalah tato yang menghias kulit tubuh mereka. Hiasan tato suku Dayak Iban dipakai baik oleh pria maupun wanita. Mereka juga memiliki beragam jenis makanan tradisional yang enak. Misalnya roti bakar, kue bolu, kue bingka, dan kue lapis. Taman Nasional Danau Sentarum bisa menjadi tempat wisata kuliner yang menyenangkan bagi para pecinta dunia pastry.

Plus Minus Promosi Ecotourism Taman Nasional di Pulau Borneo


Taman nasional di Pulau Borneo ini termasuk dalam wilayah yang dipromosikan sebagai ecotourism, yaitu jenis wisata yang berorientasi pada kelestarian dan keseimbangan alam. Setiap backpacker dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Sentarum dijanjikan akan mendapatkan sajian keindahan alam yang menakjubkan. Sebaliknya, setiap wisatawan juga harus mematuhi sejumlah peraturan yang menitikberatkan pada pelarangan perusakan terhadap alam.

Meski demikian, prinsip ecotourism dalam prakteknya menghasilkan perangkap bagi wisatawan pengunjung Danau Sentarum. Mengapa? Karena setiap wisatawan diwajibkan membayar sejumlah uang oleh pemandu wisata yang merupakan orang-orang tidak bertanggungjawab terhadap kelestarian alam. Wisatawan harus membayar biaya berkunjung sedangkan uang tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan masyarakat setempat maupun pembangunan fasilitas publik di area tersebut.

Misalnya: Setiap kamera yang dipakai oleh wisatawan dikenai charge (biaya) sekian ribu rupiah. Makin mahal harga kamera, makin besar charge yang harus dikeluarkan oleh wisatawan. Yang lebih memprihatinkan, untuk memotret seorang penduduk Dayak Iban wisatawan harus membayar sekian ribu uang. Nah, inikan sama saja dengan bentuk halus dari pemerasan potensi pariwisata Borneo. Praktek ini sangat merugikan Pemerintah dan masyarakat sekaligus mencoreng nama baik bisnis wisata di Indonesia.

Terlepas dari sisi negatif yang ditimbulkan dari bisnis pariwisata di Taman Nasional Danau Sentarum, melestarikan lingkungan hidup merupakan tugas kita bersama yang tidak bisa ditawar lagi. Pulau Kalimantan dengan kekayaan hayati yang melimpah mampu memberikan kontribusi berharga bagi kehidupan penduduk bumi. Mari berlibur dan melestarikan lingkungan hidup di Taman Nasional Danau Sentarum!

Tips Wisata dan Fasilitas di Taman Nasional Danau Sentarum Kalimantan Barat


Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Danau Sentarum. Berikut ini beberapa tips wisata dan beberapa fasilitas yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum. Berikut beberapa tipsnya, langsung saja mari kita simak.

·         Tips pertama untuk mencapai lokasi wisata Danau Sentarum dan memulai perjalanan melalui Pontiakan maka rute yang akan Anda lalui adalah Pontianak-Sintang-Semitau menggunakan kendaraan roda empat Anda membutuhkan waktu sekitar 11 jam perjalanan. Atau Anda juga bisa menggunakan jalan alternatif lain yaitu melalui Sintang-Semitau dengan menggunakan longboat (bandong) dengan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan.

·         Anda juga bisa memulai perjalanan dari Semitau ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak. Apabila Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan pesawat Pontianak-Putussibau dengan pesawat terbang. Untuk bisa sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar dua jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid Anda bisa menggunakan longboat sekitar 7 jam.

·         Bagi Anda yang ingin menginap atau menghabiskan malam disana juga tidak perlu khawatir karena terdapat fasilitas penginapan di Taman Nasional Danau Sentarum bagi wisatawan. Ada penginapan kelas melati yang terdapat di Lanjak, Selimbau dan Semitau atau anda juga bisa menginap di rumah penduduk yang ada di sekitar taman nasional. Namun pastikan Anda menjaga keramahan dan kesopan santunan disana.

·         Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang berbeda Anda dapat memilih untuk menginap di rumah terapung (lanting) yang banyak ditemui di daerah Semitau. Atau Anda juga bisa menginap di atas perahu motor (bandung) yang ada di sekitar Danau Sentarum untuk menikmati suasana danau.

·         Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menyatu dengan alam atau bagi Anda para pecinta alam. Anda juga bisa berkemah atau camping di berbagai lokasi yang ada di kawasan tersebut asalkan dapat menjaga kelestarian alam.

·         Ada banyak souvenir yang dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan khas Danau Sentarum seperti madu murni yang di olah oleh masyarakat setempat, ikan asin beraneka jenis, dan pernak-pernik khas Suku Dayak biasanya yang banyak dijual di perkampungan Suku Dayak Iban.

Sudah siap menjelajahi pulau borneo? Yuk agendakan liburanmu ke tempat wisata Taman Nasioanl Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Terimakasih.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pariwisata Borneo Taman Nasional Danau Sentarum di Kalimantan Barat"

Posting Komentar