Pariwisata Pertunjukan Seni Tari Barong Di Batu Bulan Pulau Bali


Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal dengan pesona alam dan budayanya yang luar biasa. Bahkan, pulau Bali juga terkenal hingga mancanegara. Bali adalah salah satu pulau yang penduduknya masih memegang erat dan sangat kental sekali dengan adat dan budayanya. Tak heran jika banyak para wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara yang menjadikan salah satu pulau di Indonesia ini menjadi tempat wisata favorit.



Bahkan banyak para wisatawan mancanegara yang ketagihan dan kembali lagi dan lagi ke pulau kecil yang satu ini. Ya, Bali memang seindah dan semempesona itu. Tak heran jika banyak orang yang rindu dengan pulau kecil daya tarik Negara Indonesia yang satu ini.

Ada banyak destinasi wisata di Bali baik wisata alamnya hingga wisata sejarah dan kebudayaannya. Kuta adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di Pulau Bali disusul dengan pantai tanah lot, pandawa, nusa dua dan masih banyak tempat wisata alam di Bali lainnya yang dapat Anda kunjungi.
Tak hanya terkenal dengan tempat wisata alamnya. Pulau Bali juga sangat-sangat terkenal dengan wisata budayanya yang sangat kental. Bahkan wisatawan asing pun juga ingin belajar kebudayaan Bali. Salah satu kebudayaan di Bali yang masih tetap di lestarikan hingga saat ini adalah tarian tradisionalnya yang bermacam-macam.

Salah satu jenis tarian khas Bali yang paling terkenal adalah Seni tari barong. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pariwisata pertunjukan seni tari Barong di Batu Bulan Pulau Bali yang masih sangat terkenal dan dilestarikan hingga saat ini. Langsung saja mari kita bahas berikut ini.

Wisata Budaya Pertunjukan Seni Tari Barong Di Batu Bulan Pulau Bali



Beragam tempat wisata di pulau Bali memiliki pesona yang tak berhenti membuat decak kagum wisatawan yang berkunjung. Salah satu daya tarik wisata pulau Bali adalah Tari Barong (Barong Dance). Sebuah lokasi pertunjukan tari Barong yang terkenal adalah Batu Bulan. Tari Barong merupakan salah satu tari tradisional Bali yang sangat ikonik sekaligus eksotik. Tarian ini dipertunjukkan secara kolosal layaknya sendratari Ramayana di pelataran Candi Prambanan. Wisatawan yang jadi penonton berkumpul melingkar seperti permainan api unggun.

Para penari pendukung sendratari Barong memakai pakaian khas Bali dengan dasar warna hitam putih berbentuk kotak-kotak. Pakaian bagian atas yang dipakai penari utama berbentuk sejenis jubah dan berkilat keemasan diterpa cahaya lampu di malam hari. Para penari adalah kaum pria yang dirias dengan bedak tebal, memakai lipstik, dan terdapat tanpa bintik di keningnya.

Bintik kecil itu bukan mehendi seperti dipakai oleh wanita India, namun bentuknya mengkilat keperakan. Hiasan seperti ini berfungsi sebagai pensucian diri, seperti halnya ketika wisatawan memasuki pura yang ada di Tanah Lot.

Cerita dan Makna Dibalik Tari Barong Pulau Bali


Ketika menyaksikan pertunjukan Tari Barong, wisatawan akan langsung dibuat terpesona oleh perpaduan musik gamelan Bali dan gerak penarinya. Wow! Imajinasi kita langsung dibawa ke masa-masa kerajaan dalam cerita pewayangan Mahabarata. Percakapan drama tari Barong berlangsung dalam bahasa Bali dan suasana agama Hindu. Nggak mudah untuk memahaminya. Untungnya setiap wisatawan dibekali booklet yang berisi penjelasan cerita drama dalam tari Barong.

Tari Barong menceritakan perjuangan kebaikan melawan kejahatan ketika manusia hidup di dunia. Pihak yang berada pada kebaikan adalah sosok Barong, sedangkan Rangda mewakili sisi kejahatan. Selain dua tokoh tersebut, terdapat sosok Sahadewa yang berasal dari keluarga Pandawa dan berniat dijadikan tumbal untuk persembahan kepada Rangda.

Dengan bantuan para dewa, Barong berusaha menolong Sahadewa dengan cara melawan Rangda. Cerita dalam tari tersebut berakhir dengan kemenangan Barong dan tewasnya Rangda. Hal tersebut sebagai simbol bahwa kebenaran akan memang melawan kejahatan.

Setelah pertunjukan usai, semua pemain menyempatkan diri berkumpul dan memberi hormat kepada penonton di tengah panggung. Sebenarnya lokasi tersebut bukan panggung yang menjulang tinggi. Tempat tersebut lebih mirip amphiteather seperti yang bisa kita temukan dalam kebudayaan Yunani Kuno.
Para penonton pertunjukan seni tari Barong bukan hanya turis domestik. Banyak juga wisatawan asing yang terpukau oleh tarian tersebut. Mereka mengabadikan tari Barong melalui handycam dan kamera. Gambar tempat wisata di Pulau Bali memang sudah terkenal seantero dunia sebagai surga yang tertinggal di muka bumi.

Harga Tiket dan Jadwal Pertunjukan Tari Barong Batu Bulan Bali




Untuk bisa menikmati pertunjukan tari Barong pastikan Anda memesan tiket tari Barong terlebih dahulu. Untuk harga tiketnya, Anda bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000 per orangnya. Untuk jam pertunjukannya biasnya jam pertunjukan tari barong Bali adalah pukul 09.30-1030 WITA dan 18.30-19.30 WITA.

Anda bisa membeli tiketnya langsung di tempat atau memesan tiket secara online yang sudah banyak disediakan oleh penyedia tiket online yang ada pada saat ini.

Bali Adalah Negeri Para Dewa, Ini Dia Tarian Khas Bali Lainnya


Tari Barong hanyalah salah satu dari sekian banyak nama tari tradisional Bali. Selain Barong, kita mengenal tari pendet, tari kecak, tari jangger, dan lain-lain. Setiap tarian memiliki makna tersendiri. Tari Pendet merupakan jenis tari penyambutan untuk menyambut tamu agung yang berkunjung ke puri kerajaan. Dalam perkembangannya, Tari Pendet bukan hanya dipakai dalam penyambutan tamu agung ke puri-puri kerajaan Bali, tapi juga ditampilkan untuk kunjungan kepala negara di instansi pemerintah dan tentu saja untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke Pulau Bali.

Tari tradisional Bali yang paling terkenal mungkin Tari Kecak. Tari Kecak adalah jenis tarian kolosal yang ditampilkan tidak menggunakan alat musik apapun. Suara musik dihasilkan melalui gerak mulut para pria pengiring tarian yang duduk bersila melingkari para penari utama. Tari Kecak mengambil cerita Ramayana, khususnya pada segmen penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana. Ramajaya dibantu Anoman si kera putih, berusaha merebut kembali Dewi Sinta melalui beragam cara. Karena pertunjukan tari ini tidak memakai alat musik, maka suara yang dihasilkan penari pengiring terdengar lebih semarak. Makin banyak penari pengiring, makin seru acara pertunjukan.

Berkat kekayaan budaya dan ketekunan warganya memegang tradisi dan budaya lama, Pulau Bali menjadi pulau kecil tempat tinggal para dewa. Popularitas obyek wisata di Pulau Bali mengantarkan nama Bali lebih populer daripada Indonesia itu sendiri. Berkat tradisi dan budayanya, Bali menjadi salah satu propinsi kaya di Indonesia. Tari Barong hanyalah satu diantara sekian banyak seni pertunjukan Bali yang unik. Selain tarian, tentu Bali masih menyimpan potensi wisata dari pantai-pantainya yang indah, peninggalan budaya masa lalu, wisata malam, galeri seni, dan pembangunan pusat perbelanjaan modern.

Jadi tunggu apalagi, yuk rencakan liburan Anda bersama dengan orang-orang terdekat dan ciptakan moment spesial di Pulau Eksotis nan Romantis yang satu ini. Ayo berlibur ke Bali!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pariwisata Pertunjukan Seni Tari Barong Di Batu Bulan Pulau Bali"

Posting Komentar