Pesisir Selatan, Surga Tersembunyi Tempat Wisata di Ranah Minang Sumatera Barat


Pesisir Selatan merupakan merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu di bagian selatan dan Provinsi Jambi di bagian timurnya. Pesisir Selatan juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian barat. Tak heran jika daerah ini memiliki potensi kelautan yang besar.


Dengan panjang pantai lebih dari 200 km, Pesisir Selatan juga menyediakan lokasi pariwisata yang sangat menarik. Sebanyak 53 pulau-pulau kecil dan 5 perairan teluk menjadi spot yang menantang bagi para pecinta olahraga air. Belum lagi potensi wisata kuliner dari hasil lautnya, yang berasal dari lebih 2 ribuan hektar sektor budidaya laut.

Daya Tarik Tempat Wisata Pesisir Selatan di Ranah Minang Sumatera Barat


Meski memiliki potensi yang sangat besar di bidang kelautan, kabupaten ini malah menjadi salah satu daerah tertinggal di Sumatera Barat. Apalagi wilayahnya yang berada di perbatasan provinsi. Selain itu, jarak dari ibukota provinsi dan akses transportasi yang terbatas juga menjadi alasan “terisolirnya” Pesisir Selatan. Hanya ada satu akses jalan dari Kota Padang ke perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi.

Namun, kabupaten yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Bengkulu di bagian selatan dan Provinsi Jambi di bagian timur ini memiliki wisata alam pantai yang indah. Berada di ibukota kabupaten, Painan, Anda bisa mengujungi Pantai Carocok. Dengan menumpang ojek, becak motor, atau bendi (delman) dari Pasar Painan, hanya sekitar 5 menit dengan ongkos Rp5.000/orang.

Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Carocok pun cukup dengan membayar retribusi sebesar Rp 2.000. Di sebelahnya, Bukit Langkisau terlihat memagari kota kecil ini. Dari puncak bukit akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan. Tata letak alamiah alamnya benar-benar membuat kota Painan begitu mempesona.

Sejumlah permainan air juga dapat dinikmati di Pantai Carocok, seperti banana boat dan kapal wisata. Sembari menikmati matahari tenggelam, Anda juga bisa berjalan-jalan di jembatan kayu yang menghubungkan Pantai Carocok dengan Pulau Kereta. Pulau ini hanya berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Jika pasang sedang surut, pantai di sekitar Pulau Kereta akan terlihat lebih luas.

Dari kejauhan akan terlihat satu pulau lagi, Pulau Cingkuak. Dulu pulau ini pernah menjadi benteng pertahanan Portugis ketika pertama kali masuk ke wilayah Minangkabau. Sisa-sisa bangunan benteng tersebut hingga sekarang masih ada di Pulau Cingkuak. Bagi yang hobi memancing, bisa memuaskan hobi dengan naik kapal wisata menuju Pulau Cingkuak.

Keindahan Kota Pesisir Selatan Ranah Minang Sumatera Barat


Ibukota Pesisir Selatan, Painan hanya berjarak sekitar 77 km dari Padang, Ibukota Provinsi Sumatera Barat. Perjalanan dapat sekitar 1,5 jam dengan menumpang minibus, cukup merogoh kocek Rp 20.000 saja. Selain itu, bisa juga menyewa taksi atau mobil pribadi dengan ongkos yang tentunya lebih mahal.

Pemandangan alam pantai yang menakjubkan ini juga bisa dinikmati di sepanjang jalan Pesisir Selatan. Sepanjang perjalanan dari Padang hingga menuju daerah perbatasan, pantai putih dengan bebatuan karang akan akan menjadi pemandangan yang begitu mempesona. Dari Painan menjelang Kecamatan Batang Kapas, kendaraan akan melewati jalan raya tak jauh dari bibir pantai Taluak Tampuruang.

Tidak jauh dari Batang Kapas, pesona pantai di kabupaten ini akan kembali membuat takjub. Tepatnya di Bukit Taratak, Kecamatan Sutera, Anda dapat menyaksikan pasir putih dari ketinggian tebing. Jika sempat, ada baiknya singgah sejenak untuk menikmati Pantai Nyiur Melambai Taratak yang berada di di bawah tebing jalan raya.

Daerah wisata yang paling fenomenal di Pesisir Selatan tentu saja adalah Kawasan Mandeh, atau juga dikenal dengan nama Mandeh Resort. Kawasan ini berada di Kecamatan Koto XI Tarusan. Jaraknya lebih kurang 56 km dari Padang, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 56 menit. Untuk sampai ke lokasi tersebut, ada 2 pilihan transportasi; melalui jalur darat atau dengan naik kapal boat dari Pelabuhan Bungus.

Kawasan Mandeh dikenal hingga ke tingkat internasional karena adanya investor asing dari Italia yang mengembangkan resort wisata Cubadak Paradiso. Selain itu, daerah wisata ini juga menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian nasional. Daerah harus Anda kunjungi jika datang ke Pesisir Selatan, sekaligus menyaksikan komunitas penyu yang dilestarikan di sana.

Menikmati Kelezatan Sate Lokan Kuliner Khas Pesisir Selatan Ranah Minang


Potensi kelautan yang dimiliki Pesisir Selatan ternyata tidak hanya menjadi pendapatan daerah dalam bidang pariwisata. Sumber daya alam di wilayah ini juga menjadi andalan bagi para pengusaha di bidang kuliner. Hasil laut tersebut diolah menjadi makanan khas Pesisir Selatan, yang dapat dinikmati para wisatawan yang datang berkunjung.

Salah satu kuliner yang harus dicoba ketika Anda berkunjung ke Pesisir Selatan adalah sate lokan. Jika selama ini kita lebih mengenal sate kerang, maka tidak ada salahnya juga mencoba sate lokan. Kedua binatang laut ini dari jenis yang sama, yakni famili cardiidae. Bedanya, ukuran lokan jauh lebih besar dari kerang, sehingga dagingnya pun lebih tebal.

Sate lokan biasanya disajikan dengan kuah sate khas Padang bersama beberapa potongan ketupat, seperti sate Padang yang sering kita makan. Namun, sate lokan tak banyak dijual di luar Padang, sehingga jarang ditemukan. Tak heran jika sate lokan menjadi salah satu kuliner andalan Pesisir Selatan. Mencicipi sate lokan menjadi cita rasa yang berbeda dari varian sate Padang.

Anda bisa menemukan penjual sate lokan yang terkenal di Pesisir Selatan yakni yang berada di daerah Ampiang Parak, Kecamatan Sutera. Ada banyak warung sate lokan disana. Harganya juga cukup terjangkau Anda hanya perlu membayar Rp. 8.000 untuk bisa menikmati sate lokan lengkap dengan ketupatnya.

Asyiknya lagi, Anda bisa menikmati lezatnya sate lokan sembari menghirup aroma angin laut langsung dari Samudera Hinda. Bagi Anda yang sedang berada di Pantai Pasir Putih di Kecamatan Lengayang  kami sarankan Anda untuk mampir ke warung sate lokan di Ampiang Parak karena lokasinya tidak jauh. Ditambah lagi dengan desain warungnya yang berupa lesehan, sehingga duduk berlama-lama pun di sana tetap saja nyaman.

Menikmati Kehangatan dan Kenimkmatan Gulai Lauak Karang


Selain diolah menjadi sate, lokan juga banyak dijadikan rendang oleh masyarakat Pesisir Selatan. Namanya sudah pasti rendang lokan. Rasanya hampir sama seperti rendang daging yang merupakan kuliner khas Minang. Bedanya, daging diganti dengan lokan. Biasanya, rendang lokan ini dicampur dengan sayur paku.

Selain sate lokan, ada satu lagi kuliner khas Pesisir Selatan, yaitu gulai lauak karang (gulai ikan karang). Lauak karang merupakan sejenis ikan laut yang banyak ditemukan di bebatuan karang di pinggiran laut, seperti ikan kerapu dan kakap. Dagingnya lebih lembut dibanding ikan laut lain, yang membuat rasanya jadi jauh lebih enak.

Namun, untuk mendapatkan ikan ini cukup sulit. Apalagi ekosistemnya lebih banyak berada di bebatuan karang laut. Kondisi alam yang seperti ini bisa ditemukan di beberapa wilayah di pesisir pantai Pesisir Selatan. Tak heran jika ikan karang yang disajikan sebagai gulai lauak karang biasanya adalah ikan segar yang baru didapatkan dari laut.

Karena sulitnya mendapatkan lauak karang, makanya wajar saja jika harganya lebih mahal dibandingkan dengan ikan lain. Satu porsi gulai lauak karang bisa mencapai Rp 50.000. Namun, harga tersebut tentu saja sebanding dengan kelezatan ikan yang satu ini. Satu porsi gulai lauak karang ini biasanya bisa disantap untuk 2-3 orang.

Gulai lauak karang dengan kuah kental khas kuliner Padang yang berwarna kuning itu akan terasa nikmat saat disantap di warung yang berdiri di pinggir laut. Beberapa warung tersebut bisa Anda temukan di sepanjang jalan Pesisir Selatan, terutama di Kecamatan Batang Kapas. Jangan sampai lupa menikmatinya, terutama mencicipi kepala lauak karang yang sangat lezat.

Jadi, tunggu apalagi ayo agendakan liburanmu ke tempat wisata di Sumatera Barat Pesisir Selatan Ranah Minang. Selamat berlibur, terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesisir Selatan, Surga Tersembunyi Tempat Wisata di Ranah Minang Sumatera Barat"

Posting Komentar