Pesona Pariwisata Laut Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara


Indonesia memiliki banyak sekali pulau yang mampu menyuguhkan pemandangan dan pesona alam yang luar Jawa. Tak hanya pulau Bali saja yang terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya. Namun, pulau Sulawesi ternyata juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa terutama keindahan alam bawah lautnya yang sudah perlu diragukan lagi.


Pulau Sulawesi memiliki banyak tempat wisata laut indah yang menarik kunjungan jutaan wisatawan setiap tahunnya. Pesona alam bawah laut zona peralihan antara Asiatis dan Australis ini tidak kalah unik dibanding fauna yang ada di daratan. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas keindahan Taman Nasional Pulau Bunaken di Sulawesi Utara serta Pantai Losari Sulawesi Selatan.

Review tempat wisata di Indonesia kali ini akan membahas keunikan wisata bahari Taman Nasional Wakatobi yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu tempat wisata pantai di kawasan Indonesia Timur yang memiliki panorama alam bawah laut yang mengagumkan.

Kekayaan Alam dan Lokasi Laut Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau utama di kabupaten tersebut, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Selain 4 pulau besar tersebut, masih ada sejumlah pulau kecil tempat wisata di Sulawesi Tenggara lain, antara lain Pulau Hoga, Pulau Kambode, Pulau Anano, Pulau Onemoba, dan Pulau Runduma.


Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Taman Nasional Wakatobi dapat berenang, menyelam di pantai, jalan-jalan di sekitar pantai, bersantai di gazebo, maupun menyalurkan hobi fotografi gambar tempat wisata yang indah. Obyek wisata di Sulawesi Tenggara ini menyimpan kekayaan beragam jenis terumbu karang.

Antara lain Pavona cactus, Euphyllia glabrescens, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, Acropora formosa, dan lain-lain. Kekayaan flora lautan Wakatobi sama indahnya dengan potensi wisata laut di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Disamping kekayaan berbagai jenis terumbu karang, tempat wisata di Sulawesi Tenggara ini juga mempunyai koleksi fauna lautan beragam ikan hias yang menakjubkan. Diantaranya adalah ikan Napoleon, ikan Merah, ikan Argus Bintik, ikan Baronang, dan lain-lain.

Satwa lautan Taman Nasional Wakatobi makin lengkap dengan kehadiran sejumlah burung laut, yaitu burung Cerek Melayu, burung Raja Udang, dan burung Angsa Batu. Maka tidak mengherankan bila Taman Nasional Wakatobi menjadi tempat wisata pendidikan bagi penelitian ilmu pengetahuan alam.

Transportasi Liburan ke Taman Nasional Wakatobi

Perjalanan liburan ke Taman Nasional Wakatobi dimulai dengan memilih jalur penerbangan menuju Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar menjadi kota terbesar pertama di kawasan Indonesia Timur. Setelah itu, transportasi liburan ke tempat wisata di Sulawesi Tenggara ini dilanjutkan dengan naik pesawat terbang menuju Lapangan Terbang Bau-Bau di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.


Dari Kota Bau-bau di Pulau Buton tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan liburan ke Pulau Tomia dengan menggunakan kapal laut. Kapal yang berlayar dari Bau-bau ke Pulau Tomia tidak setiap hari jalan. Oleh karena itu, kalau sedang tidak ada perjalanan kapal laut ke Tomia, Anda bisa memilih rute menuju Wanci di Pulau Wangi-wangi terlebih dulu. Dari situ Anda bebas menentukan jadwal liburan. Apakah ke Pulau Tomia dulu, atau langsung ke Pulau Kaledupa dan menyeberang ke Pulau Hoga.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika berlibur ke tempat wisata di Sulawesi Selatan adalah jadwal perjalanan kapal laut sering berubah-ubah secara tidak terduga. Oleh karena itu, wisatawan harus mengkonfirmasi ulang jadwal pelayaran supaya tidak ketinggalan.

Tantangan berlibur ke tempat wisata Taman Nasional Wakatobi adalah ombak laut yang lumayan besar dan banyak nyamuk di malam hari. Oleh karena itu, setiap wisatawan diharapkan membawa losion anti nyamuk sejak mereka berangkat dari rumah.

Untuk kebutuhan menginap, wisatawan tidak akan mendapati layanan hotel di resort Taman Nasional Wakatobi. Pulau-pulau utama di Kepulauan Tukang Besi hanya menyediakan rumah-rumah penduduk yang berfungsi sebagai wisma peristirahatan dan disewakan kepada wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi. Inilah hunian nyaman selama wisatawan berlibur ke salah satu tempat wisata terindah di Indonesia Timur ini.

Lokasi Tempat Wisata di Sekitar Kabupaten Wakatobi

Ada banyak lokasi liburan menarik yang bisa wisatawan jelajahi di Kabupaten Wakatobi. Berikut ini beberapa tempat wisata sekitar kabupaten Wakatobi yang wajib Anda kunjungi.

Jalan-Jalan Ke Benteng Dan Puncak Kahiangan Di Pulau Tomia


Obyek wisata pertama adalah jalan-jalan ke Benteng dan Puncak Kahiangan di Pulau Tomia. Bagi yang suka menyelami keindahan dunia bawah laut, Anda bisa melakukan snorkling dan diving di terumbu karang Pulau Tomia. Obyek wisata di Pulau Tomia ini menyajikan keindahan alam pulau tropis yang indah. Pulau Tomia termasuk pulau kecil, sama halnya dengan Pulau Gulangyu di China. Di Pulau Tomia ada dua buah pelabuhan, yaitu Usuku dan Waha, sebagai tempat bersandar perahu rakyat.

Liburan Ke Pulau Hoga Serasa Menikmati Liburan Di Private Island


Berikutnya, wisatawan bisa memilih lanjutkan eksplor ke Pulau Hoga dengan transit dulu ke Pulau Kaledupa sebagai pulau utama. Pulau Hoga adalah salah satu pulau kecil yang masuk dalam anggota Kepulauan Tukang Besi. Daya tarik utama wisata Pulau Hoga adalah keindahan terumbu karangnya yang masih alami.

Tempat wisata di Sulawesi Selatan ini ramai dikunjungi oleh turis asing ketika menginjak masa libur sekolah. Lain halnya dengan hari-hari biasa, liburan ke Pulau Hoga serasa menikmati liburan di private Island.

Pesona dan Keindahan Diving di Pulau Onemoba


Tempat diving berikutnya yang sangat indah adalah Pulau Onemoba. Pulau Onemoba adalah Pulau Kecil yang berada tak jauh dari Pulau Tomia. Di Pulau Onemoba terdapat Wakatobi Dive Resort. Resort mewah ini dikelola oleh pihak asing dan termasuk dalam paket liburan mahal. Konon katanya wisatawan harus membayar Rp. 40 juta untuk dapat menikmati liburan menyelam selama 3 hari.

Sungguh sangat disayangkan bahwa potensi alam Indonesia yang indah justru lebih banyak dimanfaatkan oleh warga negara asing.

Keunikan Perkampungan Suku Bajo Tempat Wisata Di Sulawesi Tenggara


Keunikan tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang sangat sayang untuk Anda lewatkan adalah yang berada di tengah laut.

Obyek wisata ini merupakan sebuah wujud kebudayaan dan keterampilan hidup yang unik bahwa mereka membangun rumah di atas laut dengan bermodalkan peralatan yang sederhana.  Perkampungan Suku Bajo bisa ditemui di sekitar Pulau Wangi-wangi, serta di antara selat kecil yang memisahkan Pulau Kaledupa dan Pulau Hoga.

Demikian mengagumkan kekayaan alam dan kebudayaan yang berkembang di Kepulauan Nusantara. Kita harus bangga bahwa Indonesia mempunyai pesona pulau-pulau indah dan penduduk yang ramah. Ayo berlibur ke Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara bersama dengan orang-orang terdekat Anda!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesona Pariwisata Laut Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara"

Posting Komentar