Wisata Alam Sendang Kalimah Tayyibah Gunung Ungaran di Semarang


Hallo backpacker Indonesia! Apa kabar Anda hari ini? Masih suka liburan keliling dunia kan? Kita bertemu lagi dengan review tempat wisata Indonesia dan dunia yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Artikel liburan kali ini akan membahas keindahan tempat wisata di Gunung Ungaran yang berada di wilayah Semarang. Jika Anda sedang berlibur ke tempat wisata di Semarang jangan lupa mampir ke Gunung Ungaran. Ada beberapa obyek wisata di Semarang yang fantastis untuk Anda pecinta tempat wisata alam.


Bagi para pecinta ziarah makam auliya’ di Jawa Tengah, pastinya nama kota Ungaran tidak asing lagi di telinga mereka. Ada banyak makam wali besar yang terletak di lereng Gunung Suroloyo yang asri di kota ini. Ada makam waliyullah Hasan Munadi dan juga putranya yakni waliyullah Hasan Dipuro yang juga dimakamkan disana.

Letak makamnya terdapat di Dusun Nyatnyono yang mana asal-usul nama dusun Nyatnyono sendiri tidak lepas dari kisah keramat Syekh Hasan Munadi.

Makam keramat Syekh Hasan Munadi hingga saat ini masih terawat dan sangat terpelihara dengan baik. Salah satu bangunan peninggalan dari Syekh Hasan Munadi di Ungaran adalah Masjid Subulussalam Nyatnyono. Bahkan masjid yang satu ini dipercaya memiliki umur yang lebih tua dibandingkan dengan  Masjid Agung Demak.

Rute dan Lokasi Wisata Alam Sendang Gunung Ungaran di Semarang

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah. Pariwisata Semarang berkembang sangat pesat berkat keragaman budaya yang dimiliki oleh penduduk lokal dan penduduk hasil pembauran. Kita bisa menemukan budaya Jawa, China, Melayu, dan Arab dalam satu lokasi wisata. Potensi wisata Semarang maju pesat seiring bertambah ramainya jalur wisata ziarah Wali Songo dari arah Tuban, Kudus, Demak, dan arah sebaliknya.



Untuk mencapai wilayah pegunungan Ungaran sebenarnya tidak sulit. Dari arah kota Semarang, perjalanan liburan pada tempat wisata di Jawa Tengah ini menuju arah selatan. Pada saat berada di perjalanan, maka Anda akan membelah beberapa kilometer bukit terjal dan tandus sebagai bagian dari Gunung Ungaran. Jalur transportasi menuju puncak Gunung Ungaran sangat terjal layaknya liburan ke Gunung Muria. Wisatawan hanya bisa berdoa supaya pak sopir berhati-hati dalam memegang kendali bus.

Kota Ungaran sebenarnya memiliki beberapa obyek wisata yang penting dan banyak dikunjungi oleh para backpacker. Tempat wisata di Ungaran yang indah antara lain: Candi Gedong Songo, makam Syekh Hasan Munadi, Sendang Kalimah Tayyibah, Waduk Rawapening, penjelajahan alam Gunung Merbabu, dan lain-lain. Namun dalam artikel kali ini kami akan membagi cerita liburan ke Sendang Kalimah Tayyibah dan makam Syekh Hasan Munadi saja. Bagaimana serunya liburan ke Ungaran kali ini? Ayo simak cerita travelling kami berikut ini.

Mencari Tuah Makam Syekh Hasan Munadi

Sebelum menuju tempat wisata di Ungaran, setiap bus wisata yang menuju Gunung Ungaran akan diparkir di lapangan sebuah desa. Setelah turun dari bus, rombongan wisatawan akan menyewa sebuah mobil elf dengan tarif Rp5.000 per orang. Tarif itu berlaku pada saat kami datang kesana pada Desember 2011 lalu. Satu mobil bisa muat sampai 20 orang. Jika Anda mau menyewa secara pribadi juga bisa tapi tarifnya jadi lebih mahal. Setelah itu, liburan di Semarang ini lanjut naik elf untuk melalui jalur pegunungan yang berliku.


Tempat wisata di Ungaran pertama yang biasa dikunjungi oleh wisatawan adalah makam Syekh Hasan Munadi di desa Nyatnyono. Lokasi makam berada di salah satu bukit di lereng Gunung Ungaran. Dari tempat parkir mobil elf tadi, wisatawan harus jalan kaki meniti undak-undakan agar sampai ke puncak makam. Bagian makam ada dua, yaitu aula penerimaan tamu di bagian bawah, dan cungkup makam Syekh Hasan Munadi di bagian yang lebih tinggi.

Lalu, siapakah Syekh Hasan Munadi? Menurut penuturan juru kunci (penjaga makam) tersebut, Syekh Hasan Munadi adalah salah satu petinggi dari Kerajaan Demak semasa pemerintahan Raden Patah. Setelah bertahun-tahun mengabdi pada Kerajaan Demak, Syekh Hasan Munadi memutuskan untuk menyingkir dari peperangan dan menyebarkan agama Islam di kawasan Gunung Ungaran dengan membangun sebuah masjid.

Kejadian unik yang saya alami di makam Syekh Hasan Munadi adalah dijualnya cendera mata yang berupa minyak wangi. Tapi ini bukan minyak wangi sembarangan lho. Menurut juru kunci tersebut, minyak wangi dari desa Nyatnyono berguna untuk mencerdaskan anak, menyembuhkan berbagai macam penyakit, menghasilkan ilmu pengasihan, dan yang utama,pasalnya  bila minyak ini dioleskan pada alat kelamin pria bisa menambah keperkasaan. Oleh karena itu, para wisatawan pria biasanya akan rebutan ingin membeli.

Pemandian Alami Sendang Kalimah Tayyibah

Tujuan tempat wisata di Ungaran berikutnya adalah ke Sendang Kalimah Tayyibah. Sendang adalah sebutan kolam pemandian dalam bahasa Jawa. Sendang umumnya dibangun dengan memanfaatkan mata air alam. Sedangkan Kalimah Tayyibah berarti kalimat yang ampun, mujarab dan berdaya guna.


Perjalanan ke Sendang Kalimah Tayyibah dilakukan dengan naik elf yang sudah yang dapat Anda sewa tadi. Jadi, dengan sekali sewa mobil akan mengantar Anda bisa pergi-pulang ke dua tujuan wisata sekaligus. Jalan menuju sendang sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh tapi berliku-liku.

Sesampai di tempat parkir pemandian alami tersebut, setiap wisatawan tidak boleh mandi dengan tubuh telanjang. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk menyewa sarung sebagai penutup mandi basahan. Harga sewa sarung adalah Rp1.000 per sarung per orang.

Air sumber alami di Sendang Kalimah Tayyibah dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit yang diderita oleh manusia. Oleh karena itu, sebelum mandi menggunakan air sendang, wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini harus mengucapkan syahadat, sholat dan surat al-fatihah. Pastikan Anda mentaati segala aturan yang ada di tempat wisata yang sedang Anda kunjungi agar tidak celaka. Karena menjadi seorang wisatawan harus patuh pada peraturan masyarakat setempat jika ingin aman dan selamat.

Tempat mandi Sendang Kalimah Toyyibah dibagi menjadi dua area, yaitu pria dan wanita. Kalau Anda berlibur ke obyek wisata di Ungaran ini awas jangan sampai salah masuk ya. Bisa-bisa ditimpukin massa. Hehe. Namanya juga air sumber alam, rasanya dingin sekali menyentuh kulit. Capek dan penat seharian travelling naik bus serasa langsung hilang begitu mandi di bawah guyuran air Sendang Kalimah Tayyibah. Beberapa orang wisatawan bahkan ada yang membawa pulang air sumber tersebut dengan memasukkan ke dalam jerigen plastik yang bisa dibeli di area pemandian.

Itulah sedikit cerita yang bisa kami bagi ketika berlibur ke tempat wisata di Semarang, khususnya di Sendang Kalimah Toyyibah di Gunung Ungaran. Nantikan terus review tempat-tempat wisata terindah di Indonesia hanya di blog kami. Mari jelajahi keindahan alam dan kekayaan budaya Nusantara! Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Alam Sendang Kalimah Tayyibah Gunung Ungaran di Semarang"

Posting Komentar