Destinasi Wisata Bukit Indah Dekat Danau Toba



Tempat destinasi yang paling favorit di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Kondisi letak Danau Toba yang mencakup beberapa wilayah membuat Danau Toba memiliki sudut – sudut terbaik untuk menikmati keindahannya. Salah satu tempat baru yang terkenal adalah bukit Simarjarunjung. Bukit Simarjarunjung saat ini menjadi bahan perbincangan para instagramable karena memiliki spot foto berupa rumah pohon.

Lokasi dan rute menuju Bukit Simarjarunjung


Lokasi bukit Simarjarunjung ini terletak di Parik sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasi Bukit Simarjarunjung ini dapat ditempuh dari Pematang Siantar dengan waktu sekitar 1 jam. Namun jika ingin kesana maka berhati – hatilah karena jalan menuju tempat wisata ini banyak yang berlubang di beberapa titik.

Rute menuju lokasi Bukit Simajunjung ini jika anda melewati kota Medan, anda bisa melewati jalan jamin ginting menuju ke kaban jahe. Jika sudah sampai di pertigaan setelah tahura, lalu beloklah ke kiri melewati jalan barusjahe untuk menuju ke Kabupaten Simalungun.

Bagi anda yang merupakan anak kids jaman now, jangan lupa singgah sebentar untuk mengambil foto di Bukit Simarjarunjung ini ya.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Simarjarunjung


Untuk masuk ke tempat wisata Bukit Simarjarunjung tidak ada harga tiket yang harus dibayar alias gratis. Anda akan melakukan pembayaran apabila anda akan masuk dan berfoto diatas rumah pohon. Biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp. 5.000,- per spot foto. Sementara itu jika ingin merasasakan sensasi bermain flying fox maka dikenakan tarif Rp. 30.000,-.

Retribusi lainnya juga berlaku untuk tariff parkir kendaraan. Ongkos pembayaran parkir pun tidak begitu mahal dan juga tidak berbeda jauh dengan ongkos parkir ditempat wisata yang lainnya, yaitu Rp. 5000,- untuk sepeda motor, Rp. 10.000,- untuk mobil dan Rp. 20.000,- untuk bus.

Wahana di Puncak Bukit Simarjarunjung
Bukit Simarjarunjung saat ini menjadi pusat perhatian di daerah Provinsi Sumatera Utara kerena memiliki beberapa wahana yang minim terdapat di wisata yang lain. Wahana – wahana tersebut antar lain berbagai macam spot foto, rumah pohon di Puncak Simarjarunjing dan wahana flying fox.

Rumah Pohon Love di Puncak Bukit Simarjarunjung


Rumah pohon di Bukit Simarjarunjung ini baru tak lama ada di destinasi wisata Bukit Simarjarunjung. Rumah pohon ini juga bisa dikatakan sebagai kalibirunya Sumatera Utara karena pemandangan dapat dilihat dengan bebas dari atas rumah pohon ini apalagi pemandangan Danau Toba yang membentang luas terlihat sangat jelas.

Bentuk dari rumah pohon di Bukit Simarjarunjing ini adlah membentul love atau hati. Tak heran jika rumah pohon ini dijadikan spot foto terbaik bagi anak muda jaman kekinian. Konsep bentuk rumah pohon ini berasal dari kali Biru di Kulon Progo Yogyakarta. Jadi anda bertempat tinggal di Sumatera Utara dan ingin menikmati rumah pohon dengan spot yang bagus tidak perlu jauh – jauh datang ke Yogyakarta, Jawa Tengah karena di provinsi anda sudah menyediakan wisata tersebut.

Jika ingin ke tempat wisata ini, jangan lupa siapkan kamera tebaik anda untuk memperoleh jepretan yang paling bagus. Datanglah pada waktu matahari tenggelam yaitu pada sore hari, jika cxuaca tidak mendung maka anda dapat melihat sunset dari atas rumah pohon. Selain pemandangan danau toba yang membentang luas, anda juga dapat menikmati semilir awan tipis serta dapat melihat hamaran sawah, kebuh teh dan kebun kopi yang dapat menyegarkan mata.

Wahana Flying Fox di wisata Bukit Simarjarunjung
Selain wisata rumah pohon, di Bukit Simarjarunjung juga terdapat wahana flying fox. Flying fox di wisata Bukit Simarjarunjung ini hanya memiliki panjang 100 meter. Jarak yang ditempuh dari ujung paling utara pohon di bukit simarjarunjung hingga ujung paling selatan pohon bukit simarjarunjung. Meskipun janya memiliki panjang 100 meter, namun anda pasti akan teriak histeris jika menaiki wahana ini.

Untuk mencoba wahana ini sayanynya dikenakan biaya. Biaya ini digunakan untuk pemeliharaan alat – alat supaya selalu terjaga keamanan keselamatan para pengunjung. Biaya yang dikenakan adalah Rp. 30.000,- per orang. Namun jika meluncur bersama 2 orang maka anda akan mendapat potongan Rp. 10.000,- sehingga menjadi Rp. 50.000,- per 2 orang. sangat pas dikantong kan pastinya ?. So, jangan takut untuk mencoba wahana flying fox ini, dijamin akan ketagihan jika sudah pernah mencobanya.

Berbagai Macam Spot Foto di Wisata Bukit Simarjarunjung
Untuk lebih menikmati pemandangan di Bukit SImarjarunjung anda tentu tidak hanya berdiam diri saja. Anda juga harus mengabadikan tempat tersebut agar menjadi sebuah kenangan di kemudian hari.

Agar anda tidak mengambil foto secara asal-asalan, di wisata Bukit Simarjarunjung ini juga menyediakan berbagai macam spot foto seperti  rumah pohon bentuk love, rumah pohon bentuk bintang , ayunan dan masih banyak yang lainnya. Semua spot foto di wisata Bukit Simarjarunjing ini berada diatas ketinggian antara 5 – 7 meter dari atas tanah. Spot foto di wisata ini juga memiliki latar belakang pemandangan Danau Toba.

Jika anda ingin mengabadikan foto sendiri, maka akan dikenakan tarif Rp. 5000,- per spot foto. Namun jika anda ingin difotokan oleh fotografer handal, anda cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- dengan menyerahkan memory eksternal dan nama anda akan dimasukkan dalam antrian. Untuk biaya sebesar Rp. 10.000,- maka fotografer akan memoter anda sebanya 4 – 8 jepretan.

Spot foto di Wisata Bukit Simarjarunjung ini memang berada diatas ketinggian, namun anda tidak perlu khawatir maslah keamanan dan keselamatan anda, karena di masing – masing spot foto disediakan tali  pengaman yang diikatkan pada pohon pinus.

Hal Yang Harus Disiapkan untuk Berkunjung ke Bukit Simarjarunjing
Sebelum anda berkunjung ke Wisata Bukit Simarjarunjing ini ada kalanya anda harus mempersiapkan beberapa hal agar liburan anda semakin menyenangkan.

Datanglah pada hari kerja karena jika anda berkunjung pada hari liur maka pengunjung akan semakin meningkat dan menyulitkan untuk mengeksplore wisata Bukit Simarjarunjung ini.

Periksa kendaraan anda kembali dan sebaiknya isi bahan bakar kendaraan anda dengan penuh.
Siapkan kamera terbaik anda. Jangan lupa untuk mengabadikan moment – moment selama anda berada disana.

Sebaiknya anda membawa perbekalan yang cukup, mulai dari makanan dan minuman. Karena disekitar Bukit Simarjarunjung ini minim sekali pedagang yang menjual makanan dan minuman
Jangan lupa membawa pakaian yang tebal atau peralatan yang membuat badan anda terasa hangat. Karena faktanya Bukit Simarjarunjung ini merupakan daerah dataran tinggi sehinggan udara disana cukup dingin.

Jangan membuang sampah sembarangan, karena anda sebagai pengunjung harus selalu menjaga keasrian Bukit Simarjarunjung ini.

Berikut tadi ulasan sedikit mengenai Bukit Simarjarunjing. Untuk anda yang ingin kesini, jangan lupa baca hal – hal yang harus disiapkan diatas ya. Semoga liburan anda menyenangkan. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Destinasi Wisata Bukit Indah Dekat Danau Toba"

Posting Komentar