Destinasi Wisata Danau Toba Sumatera Utara



Indonesia adalah salah satu negara luas di dunia yang wilayahnya terdiri dari kepulauan. Total sebanyak 17.000 lebih pulau berjejer dari Sabang hingga Merauke. Dua pulau Indonesia telah berhasil masuk dalam 10 besar pulau terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kekayaan alam dan budaya yang mempunyai keunikan tersendiri. Karena kekayaan alam dan budaya itulah, Indonesia banyak dikenal oleh masyarakat luar negeri.

Pesona Indonesia mampu menyihir wisatawan luar negeri untuk berbondong-bondong datang mengunjungi Indonesia dan rela menghabiskan uang mereka untuk berwisata maupun berbelanja. Kekayaan alam dan budaya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia untuk merancang kemudian mengembangkan beragam destinasi pariwisata yang dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian daerah bahkan negara. Pariwisata dapat menjadi alat yang sangat ampuh untuk mempromosikan Indonesia di dunia Internasional.

Keeksotisan Tempat Wisata Danau Toba


Nampaknya anda harus menjelajahi Provinsi Sumatera Utara lebih jauh dan lebih luas lagi karena di dalam provinsi tersebut terdapat sebuah daerah yang sangat banyak menyimpan potensi wisata bahari yang keindahan dan eksotismenya tak kalah dari pulau-pulau cantik lainnya di Indonesia seperti Bali contohnya. Kabupaten Samosir adalah sebuah kabupaten baru yang merupakan langkah awal untuk tahap pembangunan menuju masyarakat yang lebih maju dan sejahtera. Indonesia memang terkenal akan kekayaan dan potensi wisata alam yang sangat menarik dan unik.

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, tentu keindahan pantai dan lautan yang melimpah dapat menjadi andalan pariwisata. Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang pada saat ini terus menambah dan mengembangkan sektor pariwisatanya. Kabupaten Samosir merupakan salah satu Kabupaten baru yang dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Apabila mendengar kata Provinsi Sumatera Utara pasti bayangan anda akan menuju ke salah satu wisata yang sudah lama terkenal di Indonesia maupun mancanegara karena ceritanya yang menjadi legenda, destinasi wisata tersebut yaitu Danau Toba.

Danau Toba merupakan danau vulkanik yang memiliki ukuran dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Tidak heran jika Danau Toba adalah salah satu danau terbesar yang terletak di Indonesia  serta dinobatkan menjadi danau terluas se-Asia Tenggara. Danau ini tampak menyerupai sebuah lautan yang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sejarah  Danau Toba
Danau Toba mulai terbentuk kira-kira pada 73.000 sampai 75.000 tahun yang lalu saat terjadi letusan. Danau Toba berasal dari gunung berapi raksasa yang meletus. Bertepatan dengan letusan tersebut terjadilah sebuah fenomena Supervolcano atau letusan gunung berapi yang sangat besar. Letusan tersebut menyebabkan terjadinya kematian dan kepunahan dari beberapa spesies makhluk hidup.  Menurut bukti DNA, letusan tersebut menyusutkan kira-kira sekitar 60% jumlah manusia dari jumlah populasi manusia di bumi pada saat itu, jadi sekitar 60 juta manusia mengalami penyususan jumlah manusia.

Pada letusan itu juga mengakibatkan terjadinya zaman es, meskipun banyak ahli yang masih memperdebatkan akan hal tersebut. Setelah letusan tersebut, terbentuklah kaldera yang terisi oleh air dan saat ini dikenal dengan sebutan “Danau Toba”. Kemudian, tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar sehingga menyebabkan munculnya sebuah pulau yang terletak tepat di tengah-tengah Danau Toba, dan pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Wisata Pulau Samosir Danau Toba
Pulau Samosir merupakan sebuah pulau yang terletak tepat di tengah-tengah Danau Toba. Danau Toba dan Pulau Samosir adalah suatu gabungan dari tempat wisata yang indah dan wajib untuk anda kunjungi apabila berada di provinsi Sumatera Utara. Pulau Samosir sendiri mempunyai dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau ini sering juga disebut dengan julukan “Danau di atas Danau” karena dua pulau tersebut terletak di pulau tengah danau.

Pulau Samosir adalah tempat tinggal bagi masyarakat dengan Suku Batak Samosir, yang masih kental dengan kepercayaan leluhur nenek moyang mereka. Akses menuju ke Pulau Samosir yang mempunyai luas wilayah hampir sama dengan Negara Singapura ini dapat disebrangi  menggunakan Kapal Ferry yang berlabuh di Pelabuhan Ajibata, Parapat.

Dengan menggunakan Kapal Ferry tersebut, maka dapat mengantarkan anda menuju ke Pelabuhan Tomok, Pulau Samosir. Selain itu, ada juga Kapal Ferry yang dapat mengangkut kendaraan seperti mobil dan motor. Waktu tempuh dari Pelabuhan Ajibata menuju ke Pelabuhan Tomok dengan menggunakan Kapal Ferry membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Di Pulau Samosir juga terdapat dua desa yang kerap dikunjugi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dua desa yang terdapat di Pulau samosir antaralain adalah Desa Tomok dan Desa Tuktuk. Desa Tomok mempunyai banyak destinasi wisata menarik dan unik seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang sangat terkenal ke penjuru dunia. Tidak hanya itu saja, apabila anda berkunjung ke pulau yang satu ini, anda juga dapat menjumpai banyak pedagang cinderamata khas Danau Toba dan khas Batak antaralain seperti kaos, kerajinan tangan dan kain Ulos sedangkan di Desa Tuktuk tersedia pula penginapan atau hotel khusus bagi wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Samosir.

Selain itu, di pulau ini anda akan menyaksikan langsung hamparan sawah bertingkat atau terasering yang tampak sangat indah seperti yang terdapat di Ubud, Bali. Disana juga terdapat banyak destinasi wisata air terjun yang sangat indah dan sayang untuk anda lewatkan seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan (terletak tepat di Kecamatan Palipi). Air Terjun Pangaribuan adalah salah satu air terjun terbesar yang terletak di Pulau Samosir. Hal menarik dari Air Terjun Pangaribuan di Palipi adalah sebagai tempat diturunkannya Raja Batak.

Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Tempat Wisata Danau Toba


Selain panorama keindahan di Pulau Samosir, Danau Toba sendiri dikelilingi oleh hutan pinus, air terjun, serta pemandian air panas alami yang terletak di tengah hutan. Oleh karena itu, pesona pemandangan di sekeliling Danau Toba juga sangat indah dan eksotis dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Anda juga bisa mengelilingi danau dengan cara berlayar menggunakan kapal sewaan bersama rombongan yang memuat kira-kira 20 sampai 25 orang selama sehari. Dengan meggunakan sewa kapal tersebut, anda dan rombongan dapat menentukan titik dimana anda akan berhenti untuk menyaksikan dan menikmati panorama keindahan alam di Danau Toba.

Tidak hanya dapat menikmati panorama keindahan Danau Toba saja, namun disana Anda juga dapat melihat para wisatawan yang lainnya sedang bermain wahana lainnya seperti banana, jetski serta banyak pula orang yang memancing di danau terbesar yang satu ini. Jenis ikan yang terdapat di Danau Toba ini adalah ikan Gabus dan ikan Nila.

Cara Menuju ke Danau Toba

Untuk akses perjalanan menuju ke Danau Toba, anda dapat menempuh rute melalui jalur Medan menggunakan Kendaraan Umum yaitu Bus dari Terminal Pinang Baris Medan menuju ke Parapat. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 176 km dan memerlukan waktu tempuh sekitar 6 jam  dengan menggunakan Bus.

Apabila anda menggunakan jasa travel tentu lebih cepat dan tentu saja tarif yang dipatok lebih mahal dibandingkan menggunakan Bus. Akan tetapi, apabila anda mengunjungi tempat ini bersama rombongan, lebih baik menggunakan jasa Travel.

Alternatif lain adalah menggunakan Taxi dari Medan menuju ke Parapat. Apabila anda menggunakan Taxi membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Danau Toba. Semoga dapat Anda jadikan referensi sebelum Anda berlibur ke provinsi Sumatera Utara. Jika Anda bosan dengan aktivitas perkotaan, Danau Toba ini sangat cocok menjadi pelarian Anda untuk sekedar menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan di kota.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Destinasi Wisata Danau Toba Sumatera Utara"

Posting Komentar