Destinasi Wisata Hot Spring Pangururan Sumatera Utara



Indonesia adalah suatu negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa melimpah. Kekayaan alam dan budaya tersebut dikemas dalam sebuah wadah bernama pariwisata. Pariwisata Indonesia telah tersebar di hampir seluruh nusantara dengan berbagai destinasi seperti wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, hiburan, belanja, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan tidak sedikit destinasi wisata Indonesia yang sudah dikenal dan diakui keindahannya oleh wisatawan mancanegara.

Pariwisata merupakan salah satu bidang yang dapat diunggulkan dari sebuah negara. Indonesia adalah negara yang memiliki potensi pariwisata yang sudah dikenal di hampir banyak negara. Jutaan wisatawan luar negeri setiap tahunnya berbondong-bondong mengunjungi Indonesia dengan tujuan untuk berwisata menikmati keindahan dan kekayaan alam serta budaya Indonesia. Indonesia sendiri memiliki destinasi wisata yang telah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Berbicara pulau indah di Indonesia tentu yang akan keluar pertama kali dalam bayangan anda adalah pulau Bali, memang pulau Bali sangat terkenal di penjuru dunia dengan segala keindahan alam dan budayanya. Namun pulau indah di Indonesia tidak hanya Bali. Kekayaan alam dan budaya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia untuk merancang kemudian mengembangkan beragam destinasi pariwisata yang dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian daerah bahkan negara. Pariwisata dapat menjadi alat yang sangat ampuh untuk mempromosikan Indonesia di dunia Internasional.

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang, tentu keindahan pantai dan lautan yang melimpah dapat menjadi andalan pariwisatanya. Indonesia memang terkenal akan kekayaan dan potensi wisata alam yang sangat menarik dan unik. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, tentu saja keindahan pantai dan lautan yang melimpah dapat menjadi andalan pariwisata. Salah satu provinsi di Indonesia yang saat ini terus menambah dan mengembangkan sektor pariwisatanya yaitu Provinsi Sumatera Utara.

Sumatera Utara adala salah satu provinsi di Indonesia yang mana pada saat ini ia terus menambah dan mengembangkan sektor pariwisatany. Saat  mendengar kata provinsi Sumatera Utara pasti pikiran anda akan menuju ke salah satu destinasi  wisata yang sudah lama terkenal di Indonesia maupun mancanegara karena ceritanya yang menjadi legenda yaitu Danau Toba dan Pulau Samosir.

Anda dapat menikmati panorama keindahan dari Sumatera Utara mulai dari lautan yang luas, pesona keindahan pantai, keajaiban goa, budaya hingga sejarahnya. Membicarakan mengenai eksotisme yang dimiliki oleh provinsi Sumatera Utara, tentu anda akan terbayang dengan beragam destinasi wisata menarik yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, salah satu pulau yang membentang di daratan Sumatera juga layak untuk anda kagumi adalah Pulau Samosir.

Pulau Samosir sangat kaya akan destinasi wisata yang unik dan beragam. Tidak hanya terkenal dengan keindahan dari Danau Toba saja namun wilayah yang satu ini juga terkenal akan peninggalan sejarahnya. Selain itu, di Pulau Samosir juga terdapat gunung yang menghasilkan belerang dan mata air panas atau yang sering disebut dengan Aek Rangat atau turis lokal sering menyebutnya Hot Spring Pangururan.

Mengenal Tempat Wisata Hot Spring Pangururan

Hot Spring adalah pemandian air panas yang berada di gunung Pusuk Buhit, Kota Pangururan tepatnya di Kabupaten Samosir yang menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang digandrungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hot Spring atau Aek Rangat berlokasi tepat di bawah kaki gunung Pusuk Buhit, yang merupakan titik tertinggi di kawasan Danau Toba. Sepanjang perjalanan menuju ke destinasi wisata Hot Spring Pangururan anda akan menyaksikan hamparan pepohonan pinus dan bukit yang berwarna hijau dan membentang luas di hadapan anda.

Air hangat yang ada di Hot Spring Pangururan mengalir dari gunung besar yang memiliki warna putih keabu-abuan. Tidak hanya Hot Spring yang dapat menjadi spot foto yang indah, namun panorama keindahan gunung yang menghasilkan air hangat tersebut juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang antimainstream dan menarik untuk anda coba. Selain memiliki warna gunung yang eksotis dan berbeda dengan gunung-gunung lain pada umumnya, kaki gunung tersebut sangat mudah untuk didaki karena telah memiliki akses naik sehungga memudahkan anda untuk naik ke atas gunung Pusuk Buhit.

Bagi anda yang ingin merasakan air hangat yang langsung mengalir dari aliran gunung yang ada di Pulau Samosir, anda dapat mengambilnya langsung dari celah-celah batu, namun air tersebut tidak dapat digunakan untuk mandi karena kadar kepanasannya yang cukup tinggi. Nah, di kawasan kaki gunung tersebut telah dikelola oleh masyarakat sekitar untuk membuka kolam-kolam pemandian aek rangat agar pengunjung dapat mencoba sensasi mandi air hangat di kaki gunung tersebut.

Kolam-kolam yang telah dibangun oleh masyarakat setempat kemudian menampung air panas  dari kaki gunung tersebut, lalu dicampur dengan air tawar guna menetralkan kadar kepanasan dan kadar belerang yang tinggi yang terdapat di aliran air hangat dari kaki gunung tersebut. Di Hot Spring terdapat beberapa pilihan kolam, ada yang airnya cukup panas dan ada pula yang sedang. Kolam tersebut diperuntukkan bagi wanita, pria dan anak-anak. Hot Spring Pangururan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit karena di air hangat tersebut mengandung belerang yang cukup tinggi serta dapat menyembuhkan sakit pinggang.

Lokasi Hot Spring Pangururan
Hot Spring Pangururan terletak di lereng Gunung Pusuk Buhit, Desa Rianiate, Kota Pangururan tepatnya di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Hot Spring ini berlokasi tepat di bawah kaki gunung Pusuk Buhit, yang merupakan titik tertinggi di kawasan Danau Toba. Para wisatawan dapat mengunjungi Kota Pangururan dengan menggunkan sepeda motor dari Tomok atau Tuktuk dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Aer Rangat atau Hot Spring adalah pemandian air panas di Pangururan yang berlokasi tidak jauh dari jantung Ibu Kota Kabupaten Samosir, kira-kira hanya berjarak 35 km dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 sampai 20 menit saja dari Kota Pangururan. Untuk lebuh jelasnya anda dapat menggunakan aplikasi di handphone anda seperti google maps atau Waze agar mempermudah anda untuk sampai ke lokasi ini.

Rute Perjalanan Menuju ke Hot Spring Pangururan
Untuk akses perjalanan menuju ke destinasi wisata pemandian Hot Spring ini kota pertama yang harus anda tuju adalah Kota Parapat. Jika anda menggunakan jalur udara, ada sebuah penerbangan langsung menuju ke Bandara Silangit dari Soekarno-Hatta di Jakarta dan dari Bandara Kualanamu yang terdapat di Medan. Dari Bnadara Silangit kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Kota Parapat dengan menggunakan taxi, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Pada saat sampai di Parapat anda dapat menggunakan kapal menuju ke Pelabuhan Tomok yang berada di Pulau Samosir. Dari desa Tomok kemudian menuju ke kota Pangururan yang memiliki waktu tempuh sekitar 2 jam. Lalu lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Rianiate yang merupakan lokasi dimana Hot Spring berada.

Untuk akses perjalanan menggunakan jalur darat, berangkat dari kota Medan menuju ke Parapat membutuhkan waktu kira-kira 3 sampai 4 jam dan memiliki jarak tempuh sekitar 176 km. Untuk akses perjalanan melalui jalur darat anda dapat menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi. Pada saat sampai di Parapat anda dapat menggunakan kapal menuju ke Pelabuhan Tomok yang berada di Pulau Samosir. Dari desa Tomok kemudian menuju ke kota Pangururan yang memiliki waktu tempuh sekitar 2 jam. Lalu lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Rianiate yang merupakan lokasi dimana Hot Spring berada.

Fasilitas yang Terdapat di Hot Spring Pangururan
  • Kolam air panas
  • Warung makan atau Restoran
  • Hotel atau Resort
  • Area Parkir
  • Toilet Umum

Harga Fasilitas di Hot Spring Pangururan

Untuk menikmati pemandian air hangat di Pangururan anda tidak akan dikenakan biaya alias Free, namun usahakan untuk memesan makanan atau minuman yang telah disediakan oleh penduduk sekitar sebagai rasa berterimakasih kita akan penataan lokasi tersebut yang telah dikelola oleh masyarakat setempat. Di Hot Spring Pangururan anda juga dapat menyewa kolam pemandian tersebut selama beberapa jam khusus untuk keluarga, sahabat atau teman sekantor. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 saja. Harga yang relatif murah.

Demikianlah ulasan mengenai Destinasi Wisata Hot Spring Pangururan yang terletak di Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi salah satu referensi anda dalam menentukan tempat liburan. Sekian dan Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Destinasi Wisata Hot Spring Pangururan Sumatera Utara"

Posting Komentar