Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan Aceh Selatan



Provinsi Aceh merupakah daerah yang mendapat julukan kota Serambi Mekkah. Hal ini dikarenakan Aceh merupakan gerbang utama awal perkembangan agama Islam di Nusantara. Apabila anda berkunjung di Aceh kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Masjid yang terletak di daerah Aceh Selatan, yaitu Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan.

Keunikan Wisata Masjid Istiqamah Tapaktuan


Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan merupakan masjid yang memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik dan mewah. Pada pelataran masjidnya dikabarkan sering menjadi tempat pelaksanaan hukuman bagi pelanggar syariat Islam. 

Pada tiap-tiap wilayah memiliki ikon khasnya masing-masing, yang menjadi daya tarik dan ciri khas dari daerah-daerah tertentu. Aceh memang sangat terkenal dengan syariat-syariat Islam dan Serambi Mekah merupakan identitas yang sudah lama melekat di masyarakat Indonesia dan dunia Internasional. 

Masjid adalah salah satu bangunan yang merupakan tempat beribadah bagi umat islam yang banyak ditemui di hampir semua gampong dan kota di Aceh. Masjid menjadi bangunan yang memiliki arti sangat penting bagi mayoritas masyarakat Aceh, bahkan masyarakat menyakini bahwa semakin megah sebuah masjid maka semakin makmur masyarakatnya. Selain sebagai bagunan tempat beribadah umat muslim, masjid juga menjadi sebuah destinasi wiasata religi saat berkunjung ke wilayah ini.

Tapak Tuan adalah salah satu kota di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang menjadi ibukota kabupaten Aceh Selatan. Kota ini mendapatkan gelar sebagai kota Naga dari legenda masa lalu yang kemudian di abadikan menjadi nama kota tersebut. Sesuai dengan namanya, di tepian pantai di kota ini memang benar-benar terdapat sebuah jejak tapak kaki.

Jejak kaki ini berukuran sangat besar yang disebut sebut sebagai bekas tapak kaki dari Teuku Tuan sang penakluk naga. Dari sinilah kemudian tempat tersebut dikenal dengan nama kota Tapak Tuan.

Lokasi Tempat Wisata Masjid Istiqamah Tapaktuan

Tapak Tuan merupakan salah satu kota yang terletak di Aceh yang memiliki banyak destinasi wisata. Selain juga terkenal dengan lautnya dengan legenda Putri Naga dan Tuan Tapa, kota kecil ini juga sangat terkenal dengan kereligiusan masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Masjid Agung Istiqamah merupakan pusat ibadah di kota Tapaktuan. Secara geografis masjid ini terletak di Jalan Jendral Sudirman di pusat kota wisata Tapaktuan, Aceh Selatan, provinsi Aceh. 

Berdasarkan informasi data dari departemen agama Republik Indonesia, sejarahnya Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan pertama kali dibangun pada tahun 1930 diatas tanah waqaf. Bangunan Masjid Agung Istiqomah kemudian direkonstruksi sampai menjadi  entuk bangunan masjid modern saat ini.

Bangunan utama Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan ini berdenah bentuk segi empat, dengan satu kubah utama berukuran cukup besar di atap masjid di apit dengan empat menara di keempat sudut atapnya, ditambah dengan satu Menara utaman setinggi sekitar 30 meter yang berada di pekarangan depan Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan, yang terpisah dari bangunan utama.

Selain bagunannya yang unik, khas, dan megah Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan ini juga dilengkapi dengan taman yang cukup luas dengan tanaman mayoritasnya adalah 8 pohon kurma yang sudah berbuah dengan rasa manis dan tanpa biji. Secara geografis kondisi tanah di daerah Tapak Tuan merupakan salah satu jenis tanah yang berada di kawasan tropis. Sedangkan jenis tanaman kurma hanya akan subur dan berbuah di tanah padang pasir.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanah padang pasir hanya terdapat di kawasan Timur Tengah yang tidak ditemukan di kawasan Nusantara. Tentu hal ini yang menjadikan Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan ini sangat menarik minat para wisatawan untuk berwisata religi pada masjid Agung. Taman yang asri yang ditumbuhi pohon kurma dan rumput hijau membuat para jamaah sejuk dan nyaman saat memasuki area Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan dengan mengingat dan melihat keajiban dari kekuasaan Allah SWT.

Hal tersebut juga mengingatkan kita semua bahwasanya kekuasaan Allah SWT dapat menjadikan sesuatu yang tidak dapat terjadi kejadiannya bisa menjadi kenyataan. Contohnya adalah pohon kurma yang ada pada Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan yang tumbuh subur dan berbuah lebat.

Keelokan Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan


Konstruksi bangunan masjid ini terdiri dari satu kubah dengan empat menara kecil yang mengelilingi kubah utama. Jika diperhatikan secara detail relief dan gaya arsitektur Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan ini lebih condong mengarah ke seni arsitektur Timur Tengah dengan sedikit sentuhan gaya tradisional Aceh. Gaya arsitektur Timur Tengah juga bisa dikaitkan dengan sejarah perkembangan agama Islam di Nusantara.

Konon katanya sejarah awal masuknya agama islam di Nusantara berasal dari kawasan Timur Tengah dan India yang masuk di Kerajaan malaya saat itu. Perkembangan agama Islam dahulu dibawa oleh para saudagar-saudagar dari Timur Tengah dan India untuk melakukan barter di Nusantara yang terkenal dengan kekayaan tanaman palawijanya.

Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan juga memiliki sebuah menara yang menjulang ke langit tepat berada didepan halamannya, tingginya sekitar 30 meter. Halaman Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan juga sering dijadikan tempat untuk eksekusi hukum cambuk dan rajam bagi masyarakat sekitar yang melanggar hukum syariat Islam.

Selain itu, Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan ini juga kerap digunakan masyarakat sekitar untuk memperingati hari-hari besar Islam. Salah satu contohnya adalah acara Maulit Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, Tadarus, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan lain-lain.

Masyarakat Aceh sangat terkenal dengan hukum syariat Islamnya. Disana masyarakat sangat mematuhi dan menegakkan hukum syariat Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Berbeda dengan masyarakat di daerah lainnya di Indonesia yang hanya secara resmi mematuhi hukam Undang-Undang Republik Indonesia saja.

Hal ini dikarenakan Provinsi Aceh merupakan daerah yang diistimewakan oleh negara sebagai daerah yang mempunyai hukum tersendiri sesuai hukum syariat Islam. Oleh karena itu, tidak jarang ditemui masyarakat yang sedang melaksanakan hukuman bagi warga yang melanggar hukum syariat Islam.

Bangunan masjid didominasi dengan warna kuning dan orange dengan sentuhan warna emas pada beberapa sudut bangunan masjid. Relief-relief pada bangunan masjid dengan warnanya yang berani menjadikan Wisata Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan sangat menarik mata untuk dilihat. Selain warna, juga motif-motif floris dan bintang juga disematkanpada empat menara yang mengelilingi kubah, jendela, juga mihrab pada bagian dalam masjid ini.

Kondisi kenyamanan dan keamanan masjid juga terurus, kebersihan masjid juga sangat terjaga. Masjid yang penuh warna ini dari dahulu sampai sekarang masih ramai dan sering digunakan para pelancong sebagai tempat singgah untuk menunaikan ibadah sholat. Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mengunjunginya, karena dijamin setiap pengunjung yang beribadah di Masjid Agung Istiqamah akan merasa sejuk dan nyaman hati dan jiwanya.

Lokasinya Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan kira-kira hanya berjarak 100 meter dari laut dan tepat berada di pinggir jalan utama di Kota Naga Tapak Tuan. Apabila anda datang pada siang hari, pengunjung akan dapat merasakan lirihnya angin yang sepoi-sepoi dari laut yang bertiup santai hingga masuk ke dalam bangunan masjid.

Banyak para wisatawan lokal yang juga sering mengunjungi Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan untuk melakukan wisata religi. Biasanya wisatawan ramai berdatangan pada hari-hari besar untuk wisata religi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Masjid Agung Istiqamah Tapaktuan Aceh Selatan"

Posting Komentar