3 Tempat Berburu Kuliner Khas Jogja Yang wajib di Coba



Kota Jogja memang penuh pesona. Kota dengan budaya Jawa yang masih kental di pegang teguh masyarakatnya meski zaman sudah maju. Hal ini lah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke sana. Namun tak hanya wisata budaya yang menonjol di kota yang menyandang daerah istimewa itu, sebab aneka kuliner di sana pun unik dan membuat kangen siapa saja yang pernah menyantapnya untuk pertama kali. Meski Kuliner Khas Jogja ini memiliki citarasa khasnya sendiri-sendiri namun beberapa diantaranya adalah makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke sana. Apa saja itu?

Gudeg Pawon
Kota Yogyakarta memang tak terpisahkan dengan menu makanan yang satu ini. Gudeg adalah makanan wajib yang harus dicoba saat Anda berlibur ke Jogja. Makanan khas yang dibuat dari olahan buah nangka muda tersebut banyak dijual di berbagai sudut kota. Namun bila hendak menikmati menu Gudeg yang lain dari yang lain maka anda harus berkunjung ke Gudeg Pawon. Lokasi makan yang ada semenjak 1958 ini meladeni setiap pembeli langsung dari pawon (dapur). Saat ke sana anda akan mendapati tungku sederhana yang dipakai mengolah gudeg tersebut. Kendati lokasinya terkesan sederhana akan tetapi kelezatan gudeg yang disajikan tak kan ada tandingannya. Ada baiknya Anda berkunjung sebelum jam buka sebab tiap hari selalu saja antri dari calon pembeli yang akan merasakan kelezatan menu khas ini. Beralamat di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo dan mulai buka dari jam setengah sebelas malam sampai selesai.

Angkringan Lik Man
Angkringan tidak cuma sebagai kuliner murah masyarakat Jogja, akan tetapi telah menjadi juga semacam budaya.  Di sana masyarakat dapat berkumpul dan ngobrol mengenai apapun mulai dari yang remeh hingga obrolan berat berbau politik. Memang banyak dijumpai angkringan di sepanjang jalan di Jogja, namun anda harus mencoba angringan Lik Man. Kenapa? Angkringan Lik Man adalah pioner cara berjualan model ini di Jogja yang berdiri semenjak 1969. Sajian yang dihidangkan pun sama saja dengan angkringan kebanyakan misalnya sego kucing, bermacam gorengan dan juga sate telur puyuh. Yang membedakan adalah Kopi Joss. Minuman hangat yang satu ini sungguh unik karena cara penyajian kopi yang ditambahkan arang membara. Saat arang dimasukkan ke seduhan kopi tentu saja langsung berbunyi Joss. Dari sanalah nama minuman khas ini berasal. Kopi Joss mempunyai citarasa khas yang berbeda dengan kopi lain. Cukup dengan uang antara Rp.10 ribu sampai Rp.15 ribu anda bisa merasakan sensasi Kopi Joss plus melahap nasi kucing lengkap dengan lauknya. Angkringan Lik Man berada di daerah Stasiun Tugu dan buka mulai jam 6 sore sampai usai.

Sate Klathak Pak Pong
Lokasi Kuliner Khas Jogja ini pas bagi yang hobi sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyuguhkan sate istimewa yang berbeda dari sate kebanyakan. Citarasanya khas dan sudah pasti lezat. Hal tersebut diperoleh dari aneka bumbu yang dipakainya. Jangan membayangkan bumbu yang digunakan mencapai puluhan macam sebab Sate ini cuma memakai merica, garam plus kecap. Peralatan yang dipakai membakar juga lain. Kalau lazimnya daging ditusuk menggunakan bilah bambu, maka untuk sate Klathak Pak Pong ini memakai jeruji besi sepeda. Kabarnya bila memakai jeruji dari besi maka daging bisa merata matangnya. Sate Klathak Pak Pong letaknya berada di JL. Imogiri Bantul, Yogyakarta.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Tempat Berburu Kuliner Khas Jogja Yang wajib di Coba"

Posting Komentar